Tips Diet Sehat Ala Rasulullah

 Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Terutama untuk wanita. Tubuh yang langsing merupakan salah satu kriteria keberhasilan untuk menjaga bentuk tubuh tetap indah.

Karena tekanan psikologis dan sosial yang tinggi, wanita rela melakukan diet ketika mereka merasa banyak lemak menumpuk di bagian tubuh mereka.

Lengan, paha, dan perut biasanya merupakan bagian tubuh yang sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Perubahan bentuk tubuh mengakibatkan perubahan berat badan yang tidak diinginkan. Hal ini membuat mereka gelisah dan mereka memilih diet dengan cara yang berbeda dan jenis olahraga yang berbeda.

Terkadang keinginan mereka untuk diet sangat tinggi sehingga mereka membuat aturan diet yang tidak teratur. Seperti membatasi asupan nasi, tidak minum makanan manis dan lainnya yang dapat mengakibatkan meningkatnya obesitas.

Perlu diketahui ternyata Rasulullah juga menganjurkan pola makan sebagai salah satu gaya hidup sehat. Seperti yang telah disebutkan dalam QS. Al Baqarah ayat 168 berbunyi sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya: Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Berdasarkan ayat di atas, diketahui bahwa makan secukupnya juga harus diterapkan oleh orang-orang. Untuk menjaga keseimbangan pada tubuh, Allah juga membahasnya dalam ayat 79 Surat Al-Quran Ar-Rahman yang berbunyi sebagai berikut:

وَالسَّماءَ رَفَعَها وَوَضَعَ الْمِيزانَ () أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْمِيزانِ () وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلا
 تُخْسِرُوا الْمِيزانَ

Artinya: Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan. Agar kamu jangan merusak keseimbangan itu. dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu.

Keseimbangan dalam tubuh harus dijaga dengan baik, agar terhindar dari berbagai penyakit. Seperti yang kita semua tahu, makan terlalu banyak dapat membahayakan sistem pencernaan. Misalnya, makan yang tidak terkontrol akan menyebabkan stroke, penyakit pembuluh darah, serangan jantung dan penyakit lainnya.

Tips Diet Rasulullah

1. Minum air madu di pagi hari

Manisnya madu dapat menggantikan gula tebu yang dapat meningkatkan risiko diabetes jika dikonsumsi terus menerus. Sehingga mengkonsumsi madu secara rutin dapat lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Mengatur Jumlah Porsi Makanan

Agar tidak makan berlebihan, Nabi selalu berusaha berhenti makan sebelum perut kenyang. Dalam riwayat Bukhari Muslim dijelaskan bahwa “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.”

Dengan berhenti makan sebelum merasa kenyang, Rasulullah bisa terhindar dari rasa terlalu kenyang. Sedangkan tubuh menjadi sulit untuk digerakkan karena perut tidak memiliki ruang untuk udara dan air.

3. Makan 7 kurma sebagai camilan

Nabi biasa makan kurma dalam kesehariannya. Artinya, tidak hanya saat puasa. Karena, hari konsumsi juga dapat mengisi perut. Utusan Allah mengkonsumsinya dengan angka aneh, yaitu hingga tujuh biji.

4. Makan roti Gandung sebelum sore hari

Nabi selalu mengkonsumsi roti gandum dalam kehidupan sehari-hari. Roti gandum memiliki sejumlah manfaat, termasuk kenyang yang lebih lama, baik untuk mencerna dan menguntungkan kesehatan tulang.

5. Konsumsi sayur dan buah

Nabi biasa makan buah-buahan dan sayuran sebagai bagian dari makanan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita juga bisa mengkonsumsinya. Cocok untuk para pelaku diet.

6. Pilih menu yang tepat

Nabi berpesan kepada mereka yang ingin hidup lebih sehat untuk mengurangi konsumsi nasi putih, gula, tepung, susu dan turunannya, serta minyak sawit.

7. Puasa

Puasa mengajarkan kita untuk mengendalikan diri. Salah satunya adalah tidak makan berlebihan. Karena makan terlalu banyak tidak disukai oleh Rasul karena membuat tubuh tidak sehat.

8. Olahraga

Rasulullah mempraktekkan berbagai olahraga untuk menjaga kesehatan. Diantaranya adalah lari, jalan cepat, berenang, memanah, dan menunggang kuda.

Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Umar pernah berkata: “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”

Selain dengan diet, untuk merawat Kesehatan kulit juga dapat anda lakukan di klinik kecantikan bogor D’She D’Beauty Aesthetic lho.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hp Murah Yang Bisa Internetan

Baju Atasan Model Dress Untuk Wanita Paling Populer

Tips Membeli Laptop Murah